Ingin Sukses Terapkan 7 Tips Sukses Oprah Winfrey

Ingin Sukses Terapkan 7 Tips Sukses Oprah Winfrey

Kenal dengan Oprah Winfrey? Jika kamu nggak kenal (ya kenalan, dong), maka mulai sekarang perbanyaklah mencari tahu tentang sosok wanita berkulit hitam itu. Sosoknya yang begitu dermawan, baik hati, membuatnya semakin terkenal. Dia adalah sosok yang rendah hati di balik semua kekayaan yang dimilikinya. Bahkan, Oprah sering memberikan motivasi-motivasi luar biasa agar orang lain mampu menjadi sukses seperti dirinya.

Nah, untuk kita anak muda. Tips sukses dari Oprah sangat wajib kamu tahu, karena tidak ada salahnya kan belajar dari kesuksesan orang lain?

1. Fokuslah pada tempatmu, bukan tempat orang lain

“Bersyukurlah atas segala hal yang anda miliki, dan anda akan memiliki lebih banyak lagi. Jika anda berkonsentrasi pada apa yang tidak anda miliki, anda tidak akan pernah berkecukupan.”

Di sini Oprah ingin mengatakan bahwa kita harus fokus pada apa yang ada pada diri kita, pada bakat, kemampuan, dan apapun yang kita miliki, serta pada impian kita. Jika kita mampu fokus pada hal-hal utama tersebut, maka sistem SAR atau Sistem Aktivasi Retikular dalam pikiran manusia akan membantu mencari bukti (dalam hal ini bukti pemikiran yang ditunjukkan dengan pencarian solusi).

Nah, dengan bersyukur kita akan lebih fokus pada apa yang ada dalam diri kita dan hal itu justru yang membuat kita lebih menghargai diri sendiri bahkan orang lain.

Jadi mulai sekarang, coba fokus pada dirimu dan impianmu!

2. Pahami hakikat kegagalan dan sadari bahwa kegagalan itu sebenarnya ingin bersikap baik padamu

“Saya tidak percaya akan kegagalan. Bukanlah kegagalan jika anda menikmati prosesnya.”

“Lakukan satu hal yang menurut anda tidak bisa anda lakukan. Jika anda gagal, cobalah lakukan lagi. Lakukan lebih baik pada percobaan kedua. Orang yang tidak pernah terjatuh adalah orang yang tidak pernah mengambil risiko. Ini adalah saatnya. Ambil kesempatan ini dan lakukan!”

“Saya percaya salah satu risiko terbesar dalam kehidupan adalah tidak adanya keberanian untuk mengambil risiko.”

Mulai saat ini jangan pernah takut gagal! Nikmati aja prosesnya, karena tiap proses itu pasti ada pelajaran baru yang kamu dapatkan. Dan pelajaran itulah yang jadi modal terbesarmu untuk meraih kesuksesan.

3. Rasa takut itu ada karena kamu membiarkannya

“Apapun yang anda takuti sebenarnya tidak memiliki kuasa atas anda – rasa takutlah yang menguasai diri anda.”

Untuk kasus ini kita misalkan saja ada seorang cewek takut kecoa. Dia di kos sendirian dan ada kecoa gede nongol di sampingnya. Mau gak mau dia harus bunuh kecoa itu walaupun dia takut, lha wong memang di kosnya lagi gak ada siapa-siapa (ceritanya temen-temennya pada pulkam).

Nah, dari perumpamaan itu kita bisa tahu bahwa rasa takut itu ada karena kita yang memikirkannya. Jadi, kalau kita mau membunuh rasa takut itu ya hanya dengan satu cara, yaitu melawannya. Dengan apa? Sapu? Pedang? Bukan! Perangi rasa takutmu itu dengan melakukan hal yang kamu takuti itu. Misal, kamu takut ketinggian. Coba main flying fox. Kamu takut kecoa, coba main sama kecoa. Beres, kan?

4. Berbuatlah hal yang benar, walaupun tidak ada orang lain yang melihatnya

“Inti dari integritas adalah melakukan hal yang benar, terlepas dari apakah orang lain mengetahui anda melakukannya atau tidak.”

Buatlah aturan untuk dirimu sendiri. Jangan menunggu perintah dan aturan orang lain. Kenapa? Karena manusia cenderung untuk segan pada orang yang membuat perintah. Jika kita membuat aturan untuk diri sendiri, maka kita menyegani diri kita sendiri. Karena hal baik itu harusnya dilakukan untuk diri sendiri dulu, baru untuk orang lain.

5. Kamu akan memanen apa yang kamu tanam

“Satu hal yang saya yakini adalah apa yang anda berikan akan kembali pada diri anda sendiri.”

Nah, di sini hukum alam berlaku. Jika kamu menanam pisang, yang kamu panen pasti pisang. Bukan mangga. Kalau kamu berbuat baik, ya pasti kamu dapetnya juga yang baik.

Ngerti, nggak? Kalau nggak ngerti tanyain ke penulisnya secara pribadi aja, deh. Daripada urusannya panjang.

6. Lupakan masa lalu! Karena kamu hidup di masa sekarang, bukan masa lalumu itu

“Ambil nafas, lepaskan, dan ingatkan diri anda bahwa saat ini merupakan waktu yang anda miliki dengan pasti."

Buat apa mengingat masa lalu? Kalau masa lalu itu hanya berisi hal-hal negatif? Di sini Oprah ingin mengatakan bahwa kita harus melupakan masa lalu yang negatif. Yang hanya membuat semangat hidup kita turun. Misalnya, mantan. Ngapain coba kamu mengingat mantan kalau hanya akan mengembalikanmu pada rasa sakit? Gunanya apa, gitu? Mending fokus pada masa depanmu. Pada cewek atau cowok yang mungkin sekarang sedang menunggu. Fokus buat menjemputnya. Fokus untuk menjemput mimpimu!

7. Tuhan itu penulis skenario. Kamu adalah pemegang kendalinya

“Setiap dari kita bertanggung jawab atas kehidupan kita sendiri – bukan orang lain.”

Tuhan itu yang menciptakan manusia dan menulis takdirnya. Tapi, kita bisa mengubah takdir dengan berusaha. Karena sebenarnya kita punya kendali. Kita adalah sopirnya. Kita memegang setir mobilnya. Jadi, gak usah takut! Karena ini kehidupanmu dan kamu yang paling paham dengan apa yang kamu mau, bukan orang lain.

Gimana? Udah mulai ngerti dengan cara pandang kesuksesan seorang Oprah? Atau mungkin makin bingung? (Kan tadi udah dibilang, kalau masih bingung nanya langsung ke penulisnya). Oh ya, selain ketujuh tips itu. Oprah menyarankan untuk membaca salah satu buku yang berjudul ”The New World” (“Dunia yang Baru”) karangan Eckhart Tolle. Kamu bisa dapatkan buku ini di toko-toko buku (bukan apotek atau toko bangunan, gaes). Kalau nggak ada, kamu bisa beli lewat online. Ini bukan promosi loh, ya. Cuma mau kasih tau aja buat kalian yang emang hidupnya lagi galau dan pengen hidup bahagia lahir batin.


Diambil dari Hipwee Oleh Mitha Tiara

Dipost Oleh Super Administrator

JAUH DI MATA, DEKAT DI HATI

DENGAN INFORMATIKA KITA BER-KOMUNIKASI

Post Terkait

Tinggalkan Komentar